Minggu, 18 Februari 2018

UTS Kewirausahaan "Bisnis Plan"

                                                               Usaha Cemilan Ringan
                                                                    "Keripik Pisang"






     
      1.Latar Belakang

          Salah satu jenis usaha yang tidak pernah surut adalah usaha cemilan. Usaha cemilan ini memberikan peluang yang sangat besar untuk diusahakan. Apalagi cemilan yang cocok dengan lidah konsumen dan khas didaerah tersebut. Keripik Pisang adalah jenis cemilan ringan yang memiliki tekstur yang sangat renyah dan gurih. Harganya pun terjangkau bagi semua kalangan masyarakat.ada varian rasa yaitu: rasa original, balado, pedas, manis, keju.Sebagai masyarakat kelas bawah memilih cemilan ringan yang harganya terjangkau dan enak.

2. Profil Organisasi
   Nama Usaha: Keripik Pisang
   Jenis Usaha: Cemilan
   Alamat: Taman Cibodas
   Pemilik: Siti Dwi Wahyuni

   3.Penjelasan Produk

          Cara membuat produk kami bisa dibilang gampang. Karena sebenarnya hanya membutuhkan bahan pokok yang sedikit tidak terlalu banyak. Untuk membuat keripik pisang ini, kami cukup menyediakan bahan utama yaitu: pisang, minyak goreng, dan bumbu-bumbu lainnya. Akan tetapi walaupun prosesnya begitu gampang, saya tidak sembarangan dalam proses pembuatan karena kami mempunyai keunggulan yaitu bahan baku berkualitas, meskipun menggunakan peralatan yang masih tradisioinal, ukuran keripik pisang yang cukup sederhana, tanpa pengawet atau bahan kimia berbahaya. 

4.Visi, misi dan tujuan                                        
v  Visi
        Menciptakan sebuah usaha yang mudah diterima masyarakat dan merakyat.
v  Misi
  •   Memberikan cita rasa yang terbaik.
     •   Memberikan pelayanan yang terbaik.
v  Tujuan Usaha
  •   Memperoleh keuntungan.
   • Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
  • Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  • Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha


       5. ANALISIS SWOT

    1. Faktor Internal
    1. Strength (Kekuatan)
  • Keunggulan produk
  Kami menawarkan suatu produk yang mengangkat nilai kebudayaan dan dipadukan dengan unsur kekreatifan. Yaitu produk keripik pisang yang dipasarkan akan tetapi dikenal dikalangan para ibu rumah tangga. Kami juga menyelipkan harga yang terjangkau, tanpa bahan pengawet dan menyajikan cita rasa yang berbeda.
  • Keterampilan dan keahlian
    Kami memiliki keterampilan untuk melakukan modifikasi rasa varian rasa
  • Bahan baku mudah di dapat
    Bahan baku pembuatan keripik pisangini tersedia karena udah ada pemasok langganan.
  • Fungsi Pemasaran
    Dengan majunya teknologi maka maju pula promosi. Sehingga promosi gampang sekali dilakukan di media sosial seperti  Facebook, whatsApp dan lain sebagainya. Dan telah ada beberapa distributor atau toko-toko makanan oleh-oleh yang menjual produk berdasarkan target pasar bahkan distributor perkotaan.
  1. Weakness (Kelemahan)
  • Belum memiliki cukup pengalaman. Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
  • Produksi ini volume penjualannya belum terbilang tinggi.
  • Dan desain yang bisa dikatakan belum menarik.
         2.Faktor Eksternal
                 1.Opportunities (Peluang)
  • Banyaknya konsumen
  • Banyaknya para tamu wisatawan yang menginginkan makanan khas oleh-oleh daerah tersebut. Dan dengan produk ini akan menambah minat wisatawan maupun setempat.
  • Sistem pemasaran
  • Pemasaran bisa dibilang cukup mudah karena didaerah kami banyak toko-toko makanan ringan untuk menjadi pemasok/ distributor produk ini.
       2.Threats (Ancaman)
    • Keacuhan konsumen, terkadang masyarakat kurang memperhatikan makanan yang dibelinya.
    • Ancaman dari pesaing yaitu maraknya yang menjual keripik pisang dari berbagai daerah. Sehingga permintaan pasar berkurang akibat adanya para pesaing dari produk yang lain dan perilaku pasar tidak ramah lagi.
    • Mengenai ketersediaan bahan baku yang berkualitas bisa berkurang karena adanya faktor tertentu.
                  7.Sasaran dan Target Pasar

    • Sasaran kami adalah Menjual produk cemilan yang harganya relatif terjangkau. Untuk itu kami memulai promosi dimasyarakat lingkungan. Dan biasanya itu di toko-toko makanan khas oleh-oleh. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu tempat yang strategis.
      Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani jasa pemesanan.Kami juga promosi di berbagai media WhatsApp. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
      8.Pembiayaan
      1. Biaya Tetap (Fixed cost) per bulan

No.
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Pisau
1
Rp. 5.000
Rp.     5.000
2
Pisang
2/Tandan
Rp. 24.000
Rp.   48.000
3
Minyak Goreng
2
Rp. 50.000
Rp.   50.000

4
Alat Parut Pisang
2
Rp. 10.000
Rp.   20.000
               
TOTAL                                                                                                                   Rp 123.000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar